Sabtu, 05 Mei 2018

Sscn.Bkn.Go.Id Bahan Tes Penyaringan Rasionalisasi Pns

Materi Tes Penyaringan Rasionalisasi PNS. Rasionalisasi PNS merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperbaiki kualitas pegawai di Indonesia dengan menlakukan penyaringan terhadap pegawai (PNS) yang berkualitas (layak) dan kurang layak.

Tidak tanggung tanggung, ada sekitar 1,391 juta PNS di jabatan fungsional umum (JFU) jadi sasaran penataan aparatur sipil negara (ASN). Mereka harus melalui serangkaian tes untuk mengetahui layak atau tidaknya dipertahankan sebagai PNS.
Materi Tes Penyaringan Rasionalisasi PNS Sscn.bkn.go.id Materi Tes Penyaringan Rasionalisasi PNS

Berdasarkan info Rasionalisasi PNS dari Media JPNN.com (link) dari hasil wawancara wartawan jpnn dengan Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja :

Menurut‎ Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, ada beberapa alat yang dipakai untuk menyaring PNS yang masuk daftar rasionalisasi.

Yaitu tes aplikasi komputer untuk mengolah data dan menulis dokumen, tes kemampuan berbahasa dan kemampuan menunjukkan pelayanan, serta tes kompetensi teknis sesuai bidang JFU yang akan dipertahankan.

"Jadi ada tiga indikator utama yang dipakai dalam menyaring PNS layak tidaknya dipertahankan, ditingkatkan kompetensi. Yaitu komputer, bahasa Inggris, dan bidang," ujar‎ Setiawan, Sabtu (12/3).

Bobot terbesar ialah tes kompetensi bidang sebanyak 50 persen. Sedangkan komputer dan bahasa Inggris masing-masing sebesar 35 serta 15 persen.‎ "Untuk masuk dalam kuadran aman, setiap PNS harus mendapat hasil skor 80-100,‎" ucapnya.

Dia menambahkan, tes yang dilakukan tidak ibarat ujian masuk CPNS. Kemampuan berbahasa dan pengusaan IT jadi indikator evaluasi alasannya diubahsuaikan dengan abad globalisasi. (esy/jpnn)
Dari hasil wawancara/berita tersebut diatas terlihat bahwa ada beberapa materi tes yang Munkin akan dipakai untuk penyaringan Rasionalisasi PNS antara lain:

  • Yaitu tes aplikasi komputer untuk mengolah data dan menulis dokumen,
  • tes kemampuan berbahasa dan kemampuan menunjukkan pelayanan,
  • serta tes kompetensi teknis sesuai bidang JFU.

atau singkatnya:
"komputer, bahasa Inggris, dan kompetensi bidang"

Makara bagi para PNS sebaiknya mempersiapkan diri sedini mungkin dengan meningkatkan kemampuannya khususnya dalam bidang  komputer, bahasa Inggris, dan penguasaan terhadap bidang kiprah masing masing.

Langkah yang diambil oleh pemerintah ini ialah untuk peninkatan kualitas dari para PNS.

Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar